Monday, January 30, 2023
Motoris.id
  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor
No Result
View All Result
  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor
No Result
View All Result
Motoris.id
No Result
View All Result

Pengamat Bikin Gempar, Biaya Kepemilikan Mobil Listrik Ternyata Lebih Mahal dari Hybrid

by admin
October 7, 2022
in Mobil
0
Mobil listrik Toyota BZ4X di GIIAS 2022. (ist)

Mobil listrik Toyota BZ4X di GIIAS 2022. (ist)

Share on FacebookShare on Twitter

Jakarta, Motoris – Pengamat otomotif Riyanto membandingkan total biaya kepemilikan (total cost owner ship/TCO) mobil listrik berbasis baterai (battery electric vehicle/BEV) dan mobil hibrida (hybrid electric vehicle/HEV). Hasilnya bisa bikin gempar, karena TCO BEV ternyata lebih mahal dari HEV.

Berdasarkan perhitungan Riyanto, dalam skema konservatif, TCO BEV selama 10 tahun dengan segala macam insentif mencapai Rp 7.416 per kilometer (km), di atas HEV Rp 5.783 per km, tetapi lebih murah dari plug-in hybrid electric vehicle (PHEV) Rp 7.449 per km. Adapun TCO mobil pembakaran internal (internal combustion engine/ICE) Rp 7.141 per km.

Baca Juga:

Toyota Innova Diesel Belum Mati, Malah Tambah Keren di 2023

Edan, Toyota Cetak Rekor Ekspor saat Ekonomi Dunia Melambat

Mitsubishi, Suzuki, dan Nissan Bonyok saat yang Laen Nyayur

Sementara itu, dengan menggunakan skema moderat, TCO BEV Rp 7.416 per km, masih lebih mahal dari HEV Rp 5.887 per km, sedangkan PHEV dan ICE masing-masing Rp 7.5252 per km dan Rp 7.264 per km. Adapun dengan skenario optimistis, TCO BEV Rp 7.416 per km, masih di atas HEV Rp 6.029 per km, sedangkan PHEV dan Ice Rp 7.498 per km dan Rp 7.498 per km.

Kenapa bisa begini? Dalam materi presentasi, Riyanto menulis BEV kena biaya besar di sel baterai dan battery pack, karena kapasitasnya besar. Dia menulis kapasitas baterai BEV 15,8 kWh, dengan harga sel baterai US$ 88,5 per kWh dan battery pack US$ 50 per kWh. Adapun masa penggantian baterai BEV lima tahun, sehingga konsumen akan kena dua kali biaya itu.

Catatan Motoris, kapasitas baterai BEV sekarang jauh di atas itu. Bahkan, bisa 50 kWh lebih, seperti di Hyundai Ioniq 58,2-72,6 kWh. Silakan hitung sendiri berapa biaya yang harus ditebus konsumen untuk mengganti baterai itu.

Konsumen juga harus mengeluarkan duit lebih untuk membeli BEV, kendati pemerintah sudah habis-habisan mengucurkan insentif. Adapun asumsi rasio harga ICE dan BEV mencapai 1,65 kali, PHEV 1,51 kali, dan HEV 1,1 kali.

“BEV hanya menang dari sisi pajak penjualan barang mewah (PPnBM), karena kena tarif 0%. Selebihnya BEV masih kena PKB 5%,” tulis Riyanto dalam materi presentasinya.

So, masih ingin beli mobil listrik? Silakan saja asalkan suka dan mampu. Toh ini hanya perspektif. Keputusan ada di tangan sampean. Salam motorisasi. (gbr)

Tags: BEVBiaya KepemilikanHeadlineHEVKomparasiMobil HybridMobil ListrikPengamatPerbandinganRiyanto
Previous Post

Beli Motor Listrik Ini Bisa Tukar Baterai di Alfamart

Next Post

Innova Hybrid Disebut Irit Gila, Konsumsi Bensin Bisa di Atas 20 Kpl

Related Posts

Toyota Innova Diesel Belum Mati, Malah Tambah Keren di 2023

Toyota Innova Diesel Belum Mati, Malah Tambah Keren di 2023

January 29, 2023

Jakarta, Motoris – Toyota Innova Diesel belum mati memasuki 2023, kendati model anyar keluar akhir 2022 di Indonesia dan India....

Edan, Toyota Cetak Rekor Ekspor saat Ekonomi Dunia Melambat

Edan, Toyota Cetak Rekor Ekspor saat Ekonomi Dunia Melambat

January 26, 2023

Jakarta, Motoris - Ekspor mobil dalam bentuk utuh (completely built up/CBU) Toyota Indonesia tahun 2022 mencapai 297 ribu unit, naik...

New Xpander Cross Lahir di GIIAS, Harga Mulai dari Rp 309 Juta, Bayar Bayar Bayar!!!

Mitsubishi, Suzuki, dan Nissan Bonyok saat yang Laen Nyayur

January 24, 2023

Jakarta, Motoris – Penjualan Mitsubishi, Suzuki, dan Nissan bonyok tahun 2022, saat pabrik lain nyayur. Adapun dua merek yang bersinar...

Biaya Perawatan Mobil Listrik Wuling Air EV Kebangetan Murah

Biaya Perawatan Mobil Listrik Wuling Air EV Kebangetan Murah

January 23, 2023

Jakarta, Motoris – Wuling Air EV menjadi salah satu primadona di pasar mobil listrik berbasis baterai (battery electric vehicle/BEV) nasional....

Discussion about this post

Terpopuler

  • Antam Bangun Kerajaan Nikel Baru Bareng CNGR Cina

    Kenalin Aktor Utama Proyek Nikel Antam dan CATL US$ 3,5 Miliar

    137 shares
    Share 55 Tweet 34
  • Indika Masuk Bisnis Nikel

    138 shares
    Share 55 Tweet 35
  • Mitsubishi, Suzuki, dan Nissan Bonyok saat yang Laen Nyayur

    136 shares
    Share 54 Tweet 34
  • Wuling Kuasai Pasar Mobil Listrik RI, Hyundai Tenggelam

    137 shares
    Share 55 Tweet 34
  • Rencana Subsidi Bikin Kacau Penjualan Zenix, Dealer Akhirnya Bermanuver Liar

    137 shares
    Share 55 Tweet 34

About

motoris

Office: Jalan Pulosirih Timur 6, Blok CD 89, Pekayon Jaya, Bekasi Selatan

Email : motorisdev@gmail.com

© 2022 Motoris.id - Design & Develop by ahmad beritaatpm.id

No Result
View All Result
  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor

© 2022 Motoris.id - Design & Develop by ahmad beritaatpm.id