Monday, January 30, 2023
Motoris.id
  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor
No Result
View All Result
  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor
No Result
View All Result
Motoris.id
No Result
View All Result

Cina Juga Bangun Pabrik Anoda Baterai EV di RI, Investasi US$ 478 Juta

by admin
September 9, 2022
in Trending
0
Ilustrasi proyek pabrik grafit BTR. (Mining Review Africa)

Ilustrasi proyek pabrik grafit BTR. (Mining Review Africa)

Share on FacebookShare on Twitter

Jakarta, Motoris – BTR, produsen anoda baterai kendaraan listrik (electric vehicle/EV) terbesar dunia asal Cina, membangun pabrik anoda di Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Morowali, Sulawesi Tengah. Pabrik anoda baterai EV berkapasitas 80 ribu ton per tahun ini menelan investasi US$ 478 juta.

Di proyek itu, berdasarkan laporan riset Daiwa Capital Markets, belum lama ini, BTR bermitra dengan sang penguasa Morowali, Tsingshan, yang merupakan bandar baja nirkarat (stainless steel/SS) terbesar di dunia asal Cina. Tsingshan adalah pendiri IMIP, yang kini menjadi pusat nikel Indonesia, selain di Weda Bay dan Pulau Obi, Maluku.

Baca Juga:

Boy dan Sandi Punya Nikel Baterai EV 7 Juta Ton, Siapa yang Mau Ngambil????

Bakrie Bangun Imperium Kendaraan Listrik, Mitra Bisnisnya Ngeri-ngeri!!!

Kenalin Aktor Utama Proyek Nikel Antam dan CATL US$ 3,5 Miliar

BTR memegang 70% saham proyek itu, sedangkan Tsingshan 30% melalui anak usahanya Stellar. Anoda adalah kutub negatif baterai EV, sedangkan kutub positif bernama katoda. Bahan baku anoda adalah grafit, sedangkan katoda terbuat dari lithium, nikel, kobalt, mangan/aluminium.

Di sisi lain, Cina melalui Chengxin Lithium juga membangun pabrik lithium di IMIP berkapasitas 60 ribu ton per tahun, dengan investasi US$ 350 juta. Dengan demikian, lengkap sudah rantai pasok industri baterai EV Cina di Indonesia.

Berdasarkan data Daiwa, Cina sudah memiliki proyek battery grade (BG) alias bahan baku katoda baterai EV, katoda, anoda, lithium, hingga sel baterai di Indonesia. Pabrik katoda dibangun oleh sang raksasa CATL dengan capex US$ 647 juta. CATL juga membangun pabrik sel baterai dengan investasi US$ 1,6 miliar. Adapun pemain BG Cina yang sudah memiliki proyek di RI antara lain para pemain kelas berat, yakni Huayou, CNGR, dan Lygend.

Bagaimana nasib perusahaan Indonesia? PT Aneka Tambang Tbk dan PT Industri Baterai Indonesia (IBI) alias Indonesia Battery Corporation (IBC) terlibat dalam sejumlah proyek strategis BG hingga sel baterai. Namun, porsi sahamnya minoritas. Kita akan bahas soal ini di tulisan lain.

Untungnya, tambang nikel sebagian besar masih dikuasai pemain lokal, yakni Antam, PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA), PT Harum Energy Tbk (HRUM), PT Ifishdeco Tb (IFSH), dan PT Pam Mineral Tbk (NICL).
PT Vale Indonesia Tbk (INCO), anak usaha Vale Brasil, juga memegang cadangan nikel besar di Indonesia. Tetapi, patut dicatat, sebagian saham perusahaan ini dipegang MIND.ID, holding BUMN tambang nasional. Sejauh ini, hanya Nickel Mines yang dikendalikan pemodal asing.

Berdasarkan data Daiwa, rantai pasok baterai EV di Indonesia kini sudah lengkap, mulai dari penambangan nikel, pengolahan nikel menjadi produk antara, seperti nikel matte dan MHP, prekursor alias bahan baku katoda, pabrik katoda, pabrik anoda, pabrik sel baterai, hingga battery pack.

Namun, proyek yang terakhir masih abu-abu. Sempat terdengar kabar Foxconn, perusahaan komponen elektronik kakap dunia asal Taiwan, berniat membangun pabrik battery pack di Indonesia. Tetapi, belum ada pernyataan resmi dari Foxconn, kecuali suara-suara optimistis dari pejabat pemerintahan Indonesia. (gbr)

 

Tags: BTRCinaHeadlineInvestasiKapasitas TerpasangMorowaliPabrik Anoda Baterai EVSulawesi Tengah
Previous Post

Rudy Salim Investasi Rp 100 Miliar Sokong Pembangunan Pusat Otomotif Terbesar

Next Post

Turunkan Pajak Hybrid Sekarang Juga!!!

Related Posts

Sandiaga Uno dan Boy Thohir Juragan Nikel Terbesar Dunia

Boy dan Sandi Punya Nikel Baterai EV 7 Juta Ton, Siapa yang Mau Ngambil????

January 27, 2023

Jakarta, Motoris – Sandiaga Uno dan Boy Thohir punya kapasitas memasok 7 juta ton bijih nikel limonit untuk keperluan produksi...

Bakrie Bangun Imperium Kendaraan Listrik, Mitra Bisnisnya Ngeri-ngeri!!!

Bakrie Bangun Imperium Kendaraan Listrik, Mitra Bisnisnya Ngeri-ngeri!!!

January 26, 2023

Jakarta, Motoris – Grup Bakrie berencana membangun imperium kendaraan listrik (electric vehicle/EV) di Tanah Air, mulai dari hulu ke hilir....

Antam Bangun Kerajaan Nikel Baru Bareng CNGR Cina

Kenalin Aktor Utama Proyek Nikel Antam dan CATL US$ 3,5 Miliar

January 25, 2023

Jakarta, Motoris – PT Aneka Tambang Tbk dan CATL akan memfinalisasi proyek nikel untuk baterai mobil listrik (battery electric vehicle/BEV)...

Cina Bangun Dinasti Nikel di RI, Lokal Cuma Mampu Setor Bijih

Cina Bangun Dinasti Nikel di RI, Lokal Cuma Mampu Setor Bijih

January 23, 2023

Jakarta, Motoris – Cina sukses membangun dinasti nikel di Indonesia. Sementara itu, perusahaan lokal hanya mampu setor bijih nikel, entah...

Discussion about this post

Terpopuler

  • Antam Bangun Kerajaan Nikel Baru Bareng CNGR Cina

    Kenalin Aktor Utama Proyek Nikel Antam dan CATL US$ 3,5 Miliar

    137 shares
    Share 55 Tweet 34
  • Indika Masuk Bisnis Nikel

    138 shares
    Share 55 Tweet 35
  • Mitsubishi, Suzuki, dan Nissan Bonyok saat yang Laen Nyayur

    136 shares
    Share 54 Tweet 34
  • Wuling Kuasai Pasar Mobil Listrik RI, Hyundai Tenggelam

    137 shares
    Share 55 Tweet 34
  • Rencana Subsidi Bikin Kacau Penjualan Zenix, Dealer Akhirnya Bermanuver Liar

    137 shares
    Share 55 Tweet 34

About

motoris

Office: Jalan Pulosirih Timur 6, Blok CD 89, Pekayon Jaya, Bekasi Selatan

Email : motorisdev@gmail.com

© 2022 Motoris.id - Design & Develop by ahmad beritaatpm.id

No Result
View All Result
  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor

© 2022 Motoris.id - Design & Develop by ahmad beritaatpm.id